Bikin Teh Daun Telang dan Kata Orang

Kalian tau teh daun telang gak? Itu teh tercantik menurut aku karena kalau diseduh, warna airnya itu biru. Aku punya satu toples teh daun telang dan raasanya ingin nyeduh karena siang ini kepalaku agak pusing dan mungkin daun telang bisa bikin pusingku agak hilang.

Tadi pagi, sebelum aku jemput adikku di sekolah, aku bikin mind map tentang rencana idupku. Ini sebenernya pernah diajarin pas aku SMP. Aku udah lupa mindmap idupku jaman SMP itu ditaro dimana, tapi aku masih punya satu yang berupa tabel. Isinya aku masih inget, aku ingin kuliah di IKJ setelah lulus, menikah di umur 25 tahun, kemudian aku menlajutkan sekolah di NYU. Sedetail itu untuk anak SMP. yes.

Sekarang aku kepikiran untuk bikin mindmap lagi sebenernya karena abis nonton Sex Education di Netflix. Kalian kalo belum nonton ini, sumpah nonton deh! iya tau judulnya begitu amat. Scene seks nya banyak. Tapi itu kocak banget dan sebenernya isu yang diangkat tuh isu-isu serius tapi dibawain dengan cara yang kocak, beda banget sama 13 reasons why. Ini series seolah bilang ke aku "seserius apapun itu, semuanya bisa dijadiin sesuatu yang kocak". Ya intinya di series ini ada satu tokoh yang suka banget bikin mindmap saat dia mutusin sesuatu. Contohnya buat nerima gebetan yang mau nembak, bahkan mau potong poni, dia bikin mindmap.

Setelah bikin mindmap, emang aku jadi lebih percaya diri sama apa yang akan aku lakukan. Mindmap idup ini ya. Kemudian aku ngobrol dengan beberapa temanku dan malah jadi gak yakin lagi. Gak yakin dengan hidupku, gak yakin dengan kemampuanku, banyak. Mungkin bagi orang-orang yang ngasih aku advice, ini harusnya gausah dipusingin. Tapi otakku gak gitu, otakku tuh apa yang orang bilang, pasti dipikirin dan endingnya aku ragu dengan aku sendiri dan tertekan gak ngelakuin apa apa. Jahat deh otak aku. Ngapain sih dia sok sokan mikirin ini mikirin itu terus jadi bikin aku sedih dengan sifatku sendiri.

Aku gak mau otak aku terlalu menguasai aku kayak gitu lagi. Akhirnya aku pikir, kayaknya aku harus mulai berhenti minta saran sama orang? eh tapi nanti kalo aku beneran ada di jalan yang salah, yang ingetin siapa? Apa aku minta saran orang tapi gausah semuanya didengerin? yang didengerin yang bisa membangun aku aja? Tapi gimana kalo misalnya aku salah pilah? Ah tukan.. ginian aja bingung.

Tau gaksih, aku kemaren nonton Fyre festival documentary di netflix dan ceritanya ini tentang Fyre festival yang gagal kacau gara gara si vice president nya nipu dan gamau dengerin orang-orang sekitar dia. IH AKU TAKUT KAN JADINYA KALO GAK DENGERIN ADVICE ORANG.

Gila ya, masa mikirin ginian aja stres sendiri. Ah.. aku tau! Aku harusnya gausah terlalu dengerin advice orang lain. Karena ya aku pikir lagi, semua keputusan yang kita ambil, semuanya banget itu sebenernya berkaitan satu sama lain dengan semua kejadian yang pernah terjadi di hidup kita. Iya gasih? Aku pikir, sedeket apapun aku dengan temanku tempat aku minta saran, pasti ada beberapa hal yang gamungkin aku ceritain. Mungkin aja proses aku memutuskan suatu keputusan itu dipengaruhi sifat aku dan kejadian di masa kecilku? Itu kan ga terceritakan ke temenku ini. Jadi kayanya aku harus dengerin kata hati aku. Karena dia yang dari lahir udah ada bersama aku. Siapa lagi ya?
Orang tua kali ya? Eh gak juga... iya mungkin mereka bersama aku selama aku hidup. Tapi gak juga.. mereka kan gak tau aku disekolah gimana, ketemu siapa aja, apalagi aku sempet sekolah diluar Bandung selama 4 tahun. Banyakk banget kan yang ngebentuk diriku sampai jadi seperti sekarang ini. Siapa ya?
Ah aku tau! Tuhan! Dia sama aku selalu, malah kadang aku yang jahat karena ngejauh.. Iya aku harus minta Tuhan biar aku bisa memutuskan dan kuat menghadapi semua konsekuensinya. Tapi aku akan tetap sih cerita sama teman-temanku. Tapi ya itu, gak akan semua sarannya aku dengerin. Yang bareng aku dari lahir dan tau aku ngapa ngapain kan cuma aku. Sama Tuhan.

Bentar, aku belum jadi bikin teh Daun Telang.

Komentar

Postingan Populer