Minum Teh Ceylon yang Wangi Banget dan Take a Step Back

Badanku pagi ini sakit sakit. Area belikat aja sih, kakiku sih gak sakit. Ini diakibatkan oleh kegiatanku kemaren, yaitu ikutan Yoga Swing. Itu kedua kalinya aku ikut yoga swing dan ditempatku yang kemarin itu, lebih edan dari tempatku yang pertama kali. Di tempatku yang pertama kali itu santai banget. Di yang kedua ini, aku nyobain untuk ngangkat badanku sendiri dan lain lain. Tau gak, tanganku bukan tremor lagi pas plank, tapi terguncang. Bukan ngegeter gitu.. tapi kayak tanganku sampai naik turun. Tapi aku bangga cihuy karena aku berhasil ngelawan rasa takutku buat lean on the hammock, badanku semuanya aku percayain sama hammock untuk upside down gitu. Sebuah pencapaian hahahaha.

Jadi pagi ini aku mutusin untuk nyeduh teh dari temenku yang dikasih kemaren lusa. Dia dari singapore dan beliin aku jasmine tea. Pas tadi aku buka, tehnya wangi banget!! banget! seriusan deh gapaham lagi mau nangis. Terus aku liat bungkusannya kan ya. Ternyata itu Ceylon tea. Pantesan aja wangi banget huhu.. aku mau makasih banget sama temenku ini. Dia bilang, dia kasih teh ini biar aku gak stress. Padahal aku tau, yang suka stress dia dan aku belum bisa kasih dia banyak hal untuk meredakan stresnya. Ke temenku yang lain juga gitu sih.

Mungkin ini berhubungan sama aku yang terlalu sering cerita masalah hidupku hahaha.. akhir akhir ini aku belum nulis lagi di blog. Padahal banyakkkkkkkkkk banget yang terjadi beberapa hari ini. Seeebanyak itu.

Bentar, aku harus mandi dulu sebelum lanjutin tulisan ini. Aku harus jemput adekku.

Ya aku udah selesai semuanya dan balik lagi. Aku bingung mau mulai cerita dari mana. Oke. gini, terakhir kali aku cerita sambil minum susu rasa mangga itu aku lagi di perpustakaan jurusanku. Minta surat rekomendasi untuk beasiswa dan baru selesai wawancara di salah satu kantor lighting design. Aku seneng rasanya bisa wawancara disana karena tentu aja itu lighting design! bidang arsitektur yang menurutku sangat menarik sebelum heritage architecture. Kedua, aku akan kerja sama temenku yang dulu satu jurusan. Aku seneng banget akhirnya nanti saat aku kerja aku punya temen ngobrol. Oke setelah itu aku galau mati-matian karena akhirnya aku diterima. Bukan galau karena mau accept offernya atau nggak, karena aku sudah pasti accept. Bahkan aku seminggu setelah minum susu rasa mangga itu ke kampus lagi untuk minta surat dan mencari kosan. Semua teman-temanku di Jakarta seneng banget nyabut aku lagi di Jakarta. Aku? aku seneng. Tapi gak tau kenapa gabisa seseneng itu. Deg-degan mau masuk kerja lagi iya, tapi ada yang lain yang rasanya ganjelll banget. Gatau apa. Apasih aku? harusnya kan aku senang! Bahkan saking galaunya, aku pulang nyari kosan dan balik ke Bandung, aku mau muntah rasanya di travel. Aku gak tau kenapa aku sebingung itu. Kenapa aku gak bisa excited banget? Kenapa kaya ada yang ganjel? Akhirnya aku nangis. Gak tau juga karena apa.

Beberapa hari selang itu, ibuku sempet nyinggung tipis-tipis tentang nanti keuanganku di Jakarta, tapi beliau gak ngelarang aku ke Jakarta kayak dulu. Cuma bilang "coba aja dulu"
Tetep. Aku gak ngerasa nyaman. Betulan ingin nangis banget karena aku gak tau aku kenapa.

Beberapa hari sebelum aku mulai kerja di Jakarta, adekku sakit, muntah-muntah. Ternyata tipes (aku gak tau nulis penyakit ini yang bener kaya apa). Aku bingung ini kalau aku di Jakarta, gimana?
Dan aku gak tau juga apa ini pertanda Tuhan mau bilang sesuatu sama aku atau bukan, tapi saat itu salah satu juniorku yang kuanggap agamanya lebih bagus dari aku ngepost sebuah postingan di instagram story tentang anak yang S2 tapi pake uang orangtuanya. Disitu kebaca banget kalo dia galau harus ngikut orang tuanya untuk S2 atau mau kerja aja.

Karena dulu kami semepet satu kosan, aku tanya dong ya. Ternyata bener aja,  kalau orang tuanya ingin banget dia S2 dan nunda kerja. Iya, S2 pake uang orang tua. Ini persis kayak kejadianku. Aku yakin, ibuku masih ingin banget aku S2 secepat-cepatnya. Aku pun cerita sama juniorku ini. Diskusinya agak panjang dan aku bilang kalau memang orang tuanya dia mampu sih, turutin aja S2. Toh gak kenapa napa juga kan dia kaya. Kalau aku? aku tau kondisi orang tuaku keuangannya gimana, aku tau orang tuaku ngos-ngosan bayar uang obat dan sekolah dan kuliah adekku. Terus aku mau nambahin beban apa gimana? Dua hal yang juniorku ini bilang dan bikin aku sangat sangat sangat mikir!! "Aku takut kerjaku nggak berkah kak, kalo orang tua gak ngizinin" dan "Siapa tau dengan niat kakak yang baik ingin menyenangkan hati orang tua, urusan keuangan keluarga kakak dipermudah, urusan karir kakak dipermudah, karena niat kakak baik. Saat kita tau tujuan kita tapi kemudian kita berhenti sebentar untuk niat baik yang lain, aku yakin akan ada jalannya" Aku nangis. Ah mataku nih, bikin kerjaan aja. Masa sambil ngetik ini, aku mash nangis.

Akhirnya aku ngajak ibuku ngobrol saat itu juga. Setelah sebuah perbincangan yang alot, aku ngasih tau aku maunya apa dan alasannya, ibuku juga ngasih tau maunya apa dan alasannya. Aku rasa aku bisa ngalah sedikit disini dan mencari alternatif lain menuju mimpi aku. Ini saatnya aku diuji atas mimpi dan keinginan aku. Emangnya cuma satu jalan buat jadi lighting designer sehingga aku harus relain ibuku sama kesedihan dan kekhawatirannya? Habis itu, aku langsung hubungin principle kantor yang di Jakarta dan bilang kalo aku gak jadi kerja disana. Senengnya banget, principlenya ini baik banget. Kayanya dia tipe tipe yang memntingkan urusan akhirat gitu. Dan aku dibilang gak papa kalau gak bisa kerja sekarang. Kapanpun aku siap, mereka mau nerima aku. Aku lega habis itu. Seriusan lega! Aneh banget gaksih, dari dulu ini kerjaan yang aku pinginin. Selain jadi set designer ya. Tapi saat aku lepas, aku lega. Eh, tapi ada juga temenku yang dia udah ngejaanin kerjaan yang kayak dream jobnya dia tu, kemudian dia take a step back. Menurutku sekarang dia justru hidup lebih seimbang! Tidur gak kurang, sakit tapi sewajarnya, hang out sama temen masih jalan, cuan pun jalan, bisa olahraga. Aku bener -bener seneng ngeliat dia bisa hidup dengan seimbang. Walau aku gak tau temenku ini beneran jadi lebih tenang hidupnya atau nggak. Jadi harusnya, aku juga gausah takut. Aku kan mimpinya banyak, kalau gak dapet yang satu, aku masih bisa ngegapai yang lainnya kan!

Eh serius ini aku cerita masih panjang, aku mau bikin 2 part aja ah. Yang ini udah dulu ya. Tehku udah berapa jam yang lalu juga udah abis.

Komentar

Postingan Populer